Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran

 Assalamualaikum.

Hai Sahabat Teknologi.

Bercerita mengenai pembelajaran, saat ini saya mengajar di kelas 5 dan ini adalah tahun pertama saya menggunakan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Masih kurangnya pengetahuan saya mengenai Kurikulum Merdeka ini membawa saya pada Platform Merdeka Mengajar yang disana melalui fitur-fitur yang tersedia kita dapat mempelajari secara mandiri mengenai segala hal yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. 

Pada Kurikulum ini juga mengharapkan agar kita Guru dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid (student center). Saya pun mencoba berinovasi dengan memanfaatkan chromebook yang diberikan Pemerintah kepada Sekolah untuk saya gunakan dalam pembelajaran di kelas saya. Saya mencoba merancang pembelajaran berbasis TIK dengan menerapkan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Berbekal dengan sumber daya yang mendukung, saya dapat melaksanakan apa yang telah saya rencanakan.

Pada kesempatan itu, saya dan peserta didik kelas 5a melaksanakan pembelajaran IPAS Bab 1 Topik D, Mendengar Karena Bunyi. Saya membawa peserta didik ke Laboratorium Komputer dimana chromebook dipergunakkan di ruangan tersebut. Para peserta didik kemudian saya bimbing untuk masuk menggunakan akun belajar.id mereka masing-masing. Kegiatan pembelajaran saya awali dengan asesmen diagnostik awal dengan menggunakan Quizizz. Peserta didik terlihat sangat heboh dan senang karena baru pertama kali mereka belajar menggunakan chromebook dan menggunakan aplikasi quizizz tersebut. 

Setelah hasil diagnostik awal didapat, saya pun memilih kegiatan selanjutnya yang tepat diberikan kepada peserta didik. Para peserta didik saya ajak memahami materi tentang telinga dengan memanfaatkan video yang terdapat di PMM da youtube. Selain itu saya juga mengajak peserta didik melakukan praktek untuk memfasilitasi peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Setelah materi saya berikan, saya memberikan beberapa kuis kepada peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi wheel of names untuk mengacak nama peserta didik yang akan menjawab pertanyaan dari saya. 

Tanpa terasa 3 jam pelajaran pun hampir berakhir, kegiatan ditutup dengan mengerjakan asesmen di Quizizz. Sambil mengerjakan, para peserta didik sambil sibuk melihat layar untuk melihat dimana posisi mereka berdasarkan nilai yang sudah mereka kumpulkan. Bahkan sampai jam pelajaran berakhir, mereka masih ingin terus "bermain". 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada link berikut pada fitur bukti karya di Paltform Merdeka Mengajar https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/353570 atau dapat dilihat pada video di bawah ini. Selamat menyaksikan, semoga menginspirasi 😊



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK

 Assalamulaikum. Hai Sahabat Teknologi. 3 mingguan sudah waktu berlalu sejak saya dinobatkan menjadi Sahabat Teknologi 2023. Rasanya sangat ...